Semakin lama semakin pintar orang mencari rezeki,di antaranya menjual info cpns dan soal2nya. Waaa, soal test pns dijual, yang bener aja…. hihihi

PNS memang profesi yang menjadi banyak idaman sekaligus banyak menjadi cercaan.
Setiap tahun selalu dibuka test pnerimaan CPNS baik pusat maupun daerah. Setiap kali itu pula banyak ribuan pendaftar yang berharap dapat diterima. Karena kerja santai (keliatannya) dan jaminan hari tua (pensiun).

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau mau ikutan test pns (berdasar pengalaman pribadi 3 tahun lalu-2006):
1. Liat pengumuman mencari formasi yang cocok sesuai jurusan.
Waktu itu ada 3 lowongan di pemprov untuk jurusanku…lumayan
2. Mendaftar sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Saat itu belum online, jadi datang langsung. Ku datang sampai di BKD Srondol jam 4 pagi, dari rumah jam 1 malam. Perjuangan yang berat…. heheh dan dapat urutan 1 saat pendaftaran. Sampai ku harus tidur di musholla BKD dan Cuci muka (gak mandi ‘coz duingin).
3. Setelah selesai mendaftar. Inilah saat yang harus dilakukan, yaitu belajar dan berdoa.
Belajar sejarah, tata negara, UU amandemen, UU otda. Thanks buat Puri, Mas Noe, Arif, Imay dan Tuko atas bukunya.
4. Saat menjelang test merupakan hal penting yang harus diperhatikan.
Meminta doa restu kedua orang tua, sodara,guru ngaji, dan beberapa tetangga (termasuk para pembantu), karena ku naik bis sampai di bis pun ditanya penumpang tak segan ku minta doa restu mereka.
5. Usahakan tidak belajar menjelang ujian.
Malamnya gunakan untuk refreshing agar pikiran tidak berat esok harinya. Lena tempat numpang tidur saat itu sampai heran, ku sampai malam malah nonton film bersama dia sampai jam 12 malam. Karena otak kita esoknya akan berpikir  makanya malamnya jangan belajar, tapi usahakan untuk tetap fresh sampai pagi harinya.
6. Sebelum berangkat test usahakan sarapan untuk cadangan energi sampai siang nanti dan perut tak akan mengganggu konsentrasi. memakai pakaian yang rapi dan membuat kita percaya diri.
7. Pastikan alat tulis lengkap dan membawa tisu agar tidak berkeringat. Grogi kadang membuat kita berkeringat.
8. Menyapa teman sebelum masuk ruang yang akan memberi aura positif.
9. Berdoa sebelum mengerjakan dan kerjakan dengan tenang, jangan gugup dan penuh percaya diri tapi jangan kepedean. teliti lagi jawaban bila masih ada waktu. Namun lebih baik jawablah dengan hati-hati jangan tergesa-gesa. (dulu tak kuteliti karena mata usah pusing liat tulisan)
10. Gunakan masa istirahat untuk benar- benar istirahat jangan berpikir soal yang telah dikerjakan. Refresh sejenak pikiranmu. (Dulu ku malah tertidur di musholla sampai akhirnya masuk terlambat 10 menit).
11. setelah selesai, berdoalah dan jangan kaubahas soal (kurang kerjaan aja).
12. Saat menunggu pengumuman, banyaklah berdoa semoga kau menjadi orang yang beruntung dan jangan terlalu percaya diri kalau kau bakal diterima.
13. Bila pengumuman telah tiba, berdoalah semoga kau bisa menerima kenyataan apakah diterima atau tidak.
14. Banyaklah bersyukur bila diterima dan bila belum diterima cobalah lain kali mungkin keberuntungan belum berpihak dan rizkimu saat ini masih ditempat yang lain.
Ini cuma untuk calon pendaftar yang otaknya pas-pasan dan tak punya duit sepertiku…. hehehe