MasyaAllah, jam 4.30 sore. Sedangkan hari ini suamiku puasa. Mau masak apa yah? Buka-buka kulkas dan gudang sayuran Cuma ada bahan kol, wortel, jamur kancing, daun bawang, seledri, kentang, ayam. Ya udah deh akhirnya jatuhlah pilihanku pada sayur sop ayam, perkedel, kolak pisang (karena tadi pagi habis beli pisang buat burung Trucuk-hahaha saingan nih) dan buat schotel macaroni (masih ada sisa bulan lalu). Sebenarnya ku belum pernah buat schotel, tapi gimana lagi. Kepepet gini, mau belanja ke pasar kok males ya? Lagian gak mungkin waktunya cukup.

Schotel Macaroni-ku

Bahan:

–         100 gram macaroni

–         2 butir telur kocok lepas

–         100 gram keju cheddar parut

–         Sayuran ( 100 g jamur kancing, 100 g wortel parut, seledri cincang)

–         200 g Daging ayam cincang (dapat diganti daging sapi/daging asap) atau dapat diganti dengan pelengkap lain yang disuka seperti bayam atau sayuran lain

–         200 ml Susu cair/UHT/pasteurisasi/full cream (kalo skim bakal kurang gurih)

Bumbu :

–         1 siung bawang bombay cincang

–         2 siung bawang putih cincang

–         1 sdt merica bubuk

–         ½ sdt pala bubuk

–         1 sdt garam

–         1 sdt gula pasir

–         1 sdt kaldu bubuk

–         Margaring untuk mengoles wadah dan menumis bumbu dan sayuran

–         Saos tomat/ pasta tomat

Cara membuat

–         Seduh macaroni dengan air mendidih hingga lunak tapi jangan terlalu lunak (kurleb 15 menit) dan tiriskan

–         Tumis dengan margarin bawang bombay, bawang putih, daging cincang dan sayuran hingga layu.

–         Campurkan macaroni rebus, keju, tumisan bumbu dan sayuran dan bumbu lain serta susu dan telur kocok. Aduk hingga rata

–         Masukkan dalam loyang yang diolesi margarin (dapat dengan pinggan tahan panas, cup alumunium atau wadah lain)

–         Kukus selama 15 menit

–         Diamkan sebentar 15 menit dan olesi dengan saoe/pasta tomat dan beri keju parut

–         Oven selama 30 menit pada suhu 180°C