Hari ini ku mau ke BKD ambil jatah bulanan. Tunjangan TB yang kunantikan selama 1 bulan akhirnya keluar juga. Ada 1 hal yang ku pertanyakan dan baru sadar saat ini. Ada 3 orang yang kulihat sedang menyeberangkan orang atau kendaraan. Di jalan dekat rumahku 1, dekat kantorku di Tarubudaya 1 dan di dekat Gombel 1 dan tentu masih banyak lagi yang luput dari pandanganku. Dengan modal bendera, koin-koin pun masuk ke dalam ember mereka. Ada yang kasih 500, 1000 atau nominal lain. Yang menjadikanku bingung, apa ya definisi pekerjaan mereka???
Kalau tukang parkir, jelas. Mereka memang direkrut oleh penyedia jasa parkir dan memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah namun pekerjaan yang membuatku bingung ini, apakah ada kontribusinya. Sepertinya tidak, tak ada perda yang mengaturnya. Dan satu lagi pertanyaanku, adakah di negara lain orang yang berprofesi seperti ini??
Temanku,Dini, yang di depan gang rumahnya telah stand by petugas penyeberang ini kadang mengeluhkan juga. Tak dikasih gimana, dikasih kok dia minimal 3 kali sehari menyeberang. Tapi kadang membantu juga kalo pas jalan ramai, dengan uang 500 perak perjalanan dan perjuangan untuk menembus padatnya kendaraan jadi tambah ringan…