Pecel merupakan makanan yang sehat. Kombinasi manis dari berbagai jenis sayuran ini banyak disuka. Pecel sering dijadikan pilihan untuk sarapan pagi oleh beberapa orang. Dihidangkan dengan nasi, lontong atau ketupat sangat pas. Sayuran yang biasa kupakai adalah : kangkung, bayam, taoge/kecambah, wortel, kubis, kacang panjang, daun kemangi dan ketimun biar sueger. Jangan lupa kerupuk atau rempeyek teri. Mmmm…

1. Bahan :

– Sayuran ( kangkung, bayam, kacang panjang, taoge/kecambah kacang hijau, wortel, kubis, kemangi dan ketimun)

2. Sambel pecel, bahan :

– 250 g kacang tanah

– 3 siung bawang putih

– 1 cm kencur

– 5 buah cabai merah/rawit (sesuai selera)

– kulit jeruk purut 1 cm atau daun jeruk 2 lembar

– garam 1 sdt

– gula jawa 1 ons

– air asam jawa 2 sdm

– terasi 1/2 sdt

3. Pelengkap:

– kerupuk (awas jangan yang pake boraks atau pewarna tekstil yah)

– rempeyek teri atau kacang

– bawang merah goreng

Cara membuat:

1. Rebus sayuran sampai matang atau setengah matang (sesuai selera),kecuali ketimun (potong bentuk bulat atau panjang) dan daun kemangi (ambil daunnya saja).

2. Membuat sambal pecel :

– Goreng kacang tanah hingga matang. Sisihkan

– Goreng cabai dan bawang putih hingga layu. Kemudian uleg bersama bumbu lain.

– Setelah bumbu halus, tambahkan kacang tanah yang telah digoreng. Haluskan.

– Tambahkan gula jawa dan air asam. Haluskan hingga tercampur semua.

3. Penyajian :

– Tata pada piring sayuran yang telah direbus.

– Encerkan bumbu pecel dengan air panas sampai terbentuk pasta encer. Tuangkan ke atas sayuran.

– Tambahkan ketimun dan daun kemangi. Taburi bawang goreng

– Tambahkan kerupuk dan rempeyek.

Hmmmm…..uenake